Sunday 20 October 2019

Tugas 1 Preservasi dan Konservasi Media Informasi | Pelestarian Bahan Pustaka


TUGAS 1 PUST4210 PRESERVASI & KONSERVASI MEDIA INFORMASI

Pertanyaan 
1. Bahan pustaka harus dijaga kelestariannya baik fisik ataupun kandungan informasi dari bahan pustaka tersebut. Jelaskan mengenai preservasi fisik koleksi bahan pustaka dan preservasi kandungan informasi koleksi bahan pustaka!
2. Dalam pelestarian bahan pustaka dikenal metode preventif dan kuratif. Jelaskan perbedaan kedua metode tersebut!
3. Sejarah media rekam informasi terbagi dalam 3 tahap, yaitu zaman pra kertas, zaman kertas, dan zaman elektronik. Jelaskan dan beri contoh perbedaan dari ketiga zaman tersebut
4. Dikenal 2 faktor kerusakan bahan pustaka, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Jelaskan dan beri contoh!

Jawaban
1. Feather (1993:7) membagi metode pelestarian fisik dan kandungan informasi materi perpustakaan ke dalam empat bagian, yaitu:
a) those of a housekeeping nature, 
Mencakup prinsip-prinsip pelestarian yang terdapat di setiap perpustakaan seperti memelihara kebersihan di lingkungan perpustakaan, memelihara intensitas suhu, cahaya, dan kelembaban di ruang koleksi perpustakaan.
b) those relating to disaster preparedness plan,
Mencakup program perencanaan penanggulangan bencana, yaitu sebuah pedoman yang berisi langkah-langkah yang ditetapkan dalam persiapan untuk mencegah, menangani, dan memulihkan kondisi dari segala macam bencana.
c) those relating to  the transfer of information from deteriorated medium to another medium,
Melestarikan isi intelektual materi dengan cara alih media ke dalam bentuk yang lebih awet seperti microfilms, compact disc, dan sebagainya.
d) those requiring cooperative action or the use of technology on a large scale,
Mencakup teknik-teknik pelestarian secara fisik seperti deadifikasi massal, mendigitalisasi koleksi hingga mendorong para penerbit untuk menggunakan kertas permanen agar massa hidup koleksi lebih lama.

2. Metode Preventif, dimaksudkan untuk mencegah sebelum bahan atau koleksi perpustakaan termasuk segala fasilitas, perabotan, dan perlengkapan mengalami kerusakan. Cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :
.....................................................................

Untuk bisa melihat file secara lengkap bisa klik link dibawah ini:




Load disqus comments

0 comments