Sunday 20 October 2019

Tugas 1 Psikologi Perpustakaan | Aliran Psikologi


TUGAS 1 PUST4423 PSIKOLOGI PERPUSTAKAAN


Pertanyaan 
1. Sandingkan dan identifikasilah minimal 2 perbedaan yang terdapat diantara 3 aliran psikologi yang sangat berpengaruh!
2. Jelaskan bagaimana menerapkan teori belajar kondisioning operan di dalam salah satu kegiatan perpustakaan!
3. Jelaskanlah bagaimana sikap mempengaruhi tingkah laku
4. Jelaskanlah berbagai dimensi kepribadian manusia yang tampak melalui perilaku mereka saat mencari informasi!

Jawaban
1. Perbedaan 3 aliran psikologi
a) Dilihat dari sudut pandang
Aliran Psikodinamika memandang bahwa pemikiran-pemikiran yang berasal dari alam ketidaksadaran, konflik antara insting biologis dan tuntutan masyarakat, serta pengalaman masa kecil seseorang.
Aliran Behaviorisme, Watson memandang bahwa proses-proses psikologis selalu dimulai dengan adanya rangsang (stimulus) dan berakhir dengan adanya reaksi (respons). Ia percaya bahwa seorang bayi bagaikan ‘sebuah tabula rasa’ (kertas putih). Pengalaman dan lingkungan yang akan membentuk kepribadian seseorang.
Aliran Humanistik memandang bahwa manusia memiliki kebebasan kehendak. Manusia tidak tergantung pada dorongan-dorongan yang tidak disadarinya dan tidak pula tergantung pada lingkungannya.
b) Dilihat dari perbedaan fokus
Aliran Psikodinamika lebih berfokus pada proses mental seseorang yang merupakan tingkah laku tertutup. Tingkah laku manusia didasari insting atau dorongan yang tidak disadari. Bisa berupa insting agresif dan merusak maupun insting untuk bertahan hidup.
Aliran behaviorisme berfokus bahwa kaum behavioris lebih mementingkan tingkah laku nyata, yang terbuka dan dapat ditukar secara obyektif.
Aliran Humanistik berfokus pada potensi-potensi positif dalam kepribadian. Aliran ini juga menitikberatkan pada pentingnya kasih sayang, rasa saling memiliki, harga diri, ekspresi diri, aktualisasi diri dalam perkembangan manusia.
2 ...........................................................................................

Untuk melihat file secara lengkap silakan klik link dibawah ini:
Tugas 1 Psikologi Perpustakaan


Load disqus comments

0 comments