Thursday 16 May 2019

Tugas 3 Pengantar Ilmu Komunikasi | Hambatan dalam Komunikasi Antarbudaya dan Contohnya

TUGAS 3 SKOM4101 PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI

Pertanyaan :

Sebut dan jelaskan hambatan-hambatan dalam komunikasi antarbudaya. Serta berikan masing-masing contoh dari hambatan tersebut !

Jawab :

Hambatan-hambatan dalam komunikasi antarbudaya

1. Pengabaian terhadap Perbedaan Kultural

Kita mungkin sering menganggap bahwa semua orang sebagai individu yang sama, padahal cara ini malah membawa kita kedalam jurang konflik baru. Mengapa demikian? Dengan anggapan itu kita mengabaikan perbedaan kultural yang ada, sehingga kita acap kali melakukan tindakan dalam budaya kita dianggap wajar namun dalam budaya lain dianggap sebagai tindakan yang tidak pantas.

Contoh : Sering kita menganggap bahwa semua pelayan tentunya mengharapkan uang tip, namun hal itu berbeda dengan di Jepang. Di Jepang, kita tidak diperkenankan memberikan tip atau uang imbalan kepada para pelayan. Mereka melayani semua tamu dengan tulus dan sungguh-sungguh. Imbalan hanya dianggap suatu penghinaan. Cukup sampaikan terima kasih saja.

2. Pelanggaran Norma Kultural

Setiap negara pastinya memliki norma kultural yang berbeda-beda. Dengan kita memahami norma kultural di negara tersebut kita dapat menyesuaikan diri dengan norma yang ada dan menjamin hubungan yang harmonis dengan orang lain yang berasal dari kultur tersebut.

Contoh : ......................................................................


Untuk bisa melihat file secara lengkap silahkan klik link download berikut ini :
Download



Load disqus comments

0 comments