Thursday 16 May 2019

Tugas 3 Pengantar Ilmu Perpustakaan | Kerjasama Perpustakaan

 TUGAS 3 PUST2227 PENGANTAR ILMU PERPUSTAKAAN

Pertanyaan :
Uraikan kerjasama perpustakaan
1. Manfaat kerjasama perpustakaan
2. Model kerjasama perpustakaan
3. Kegiatan jaringan kerjasama perpustakaan

Jelaskan hal-hal yang berkaitan dengan perpustakaan digital
1. Perpustakaan elektronik
2. Perpustakaan hibrida
3. Perpustakaan maya
4. Perpustakaan tanpa dinding/library without wall

Jawab :

1. Manfaat kerjasama perpustakaan

a) Adanya perbaikan dalam aspek pelayanan teknis dan pengguna serta memaksimalkan sumber daya perpustakaan;
b) Dapat memecahkan sejumlah masalah dengan berbagi resiko, manfaat, tanggung jawab, dan pengalaman;
c) Meningkatkan hubungan yang pada awalnya sangat sederhana menjadi sistem jaringan yang lebih kompleks yang melibatkan berbagai jenis organisasi baik dalam maupun luar negeri.

2. Model kerjasama perpustakaan

A. Kerjasama Pengadaan
Merupakan bentuk awal kerjasama. Dalam hal ini perpustakaan bekerja sama dalam pengadaan buku. Masing-masing perpustakaan bertanggung jawab atas kebutuhan informasi pemakainya. Karena itu, perpustakaan akan memilih buku berdasarkan permintaan anggotanya atau dugaan berdasarkan pengetahuan pustakawan atas keperluan bacaan anggotanya. Kategori kerjasama pendagaan ini meliputi :
· Kerjasama spesialisasi subjek, pada kategori ini masing-masing perpustakaan mengkhususkan diri dalam subjek pilihan masing-masing. Kerjasama ini memungkinkan antarpinjam yang lebih cepat serta kemudahan dalam menerbitkan bibliografi berdasarkan subjek masing-masing. Namun demikian, alokasi subjek kurang jelas dan bersifat arbriter.
· Kerjasama pengadaan buku asing, umumya kerjasama ini digunakan oleh lembaga penelitian dan perguruan tinggi yang mengkhususkan diri untuk melakukan kajian terhadap wilayah tertentu.
· Kerjasama pengadaan materi audiovisual, contoh kerjasama ini adalah Greater London Audio-Subject Specialisation Scheme (GLASS) yang mencakup kerjasama antar 32 perpustakaan umum di London untuk mengadakan dan menyimpan materi non buku.

B. Kerjasama Penyimpanan Buku yang Kurang Digunakan (Less Used Books)
Maksud dari buku yang jarang digunakan ialah buku yang tidak dipinjam selama 1 tahun terakhir. Cara pelaksanaan kerjasama ini dilakukan dengan membagi koleksi yang kurang digunakan menurut abjad, kemudian dibagi-bagikan ke perpustakaan peserta. Misalnya perpustakaan 1 menyimpan buku pengarang A-F, perpustakaan 2 menyimpan buku pengarang G-J dan seterusnya. Dengan demikian perpustakaan 1 menerima buku yang kurang digunakan yang ditulis oleh pengarang A sampai F yang mungkin diterima oleh perpustakaan lain.

C. Pemusatan Pengadaan dan Penyimpanan
Perpustakaan pusat penyimpan dapat mengurangi masalah ruang yang dihadapi perpustakaan anggota. Perpustakaan pusat penyimpan menyimpan jenis buku sebagi berikut : (1) buku hadiah, (2) deposit tetap yang menjadi milik perpustakaan deposit, (3) buku disimpan berdasarkan deposit per subjek. Kerjasama semacam ini biasanya terdapat di lingkungan perpustakaan perguruan tinggi karena adanya perpustakaan pusat disamping perpustakaan fakultas.

D. Kerjasama Pertukaran dan Redistribusi
Tujuannya adalah untuk meningkatkan dan memperluas sumber koleksi yang ada dengan biaya kecil untuk membentuk koleksi yang komprehensif. Hal ini dapat dilakukan dengan cara pertukaran publikasi badan induk (publikasi intern) dengan badan lain yang sama tanpa membeli dan yang tidak dijual untuk umum. Selain itu dengan mendistribusikan kembali buku-buku yang sudah tidak digunakan lagi, seperti hasil dari penyiangan (weeding).

E. Kerjasama Pengolahan Data Bibliografis
Perpustakaan bekerjasama untuk mengolah bahan pustaka. Biasanya dengan perpustakaan universitas dengan berbagai cabang atau perpustakaan umum dengan cabang-cabangnya, pengolahan bahan pustaka (pengkatalogan, pengklasifikasian, pemberian label buku, kartu buku, kantong buku, dan penyampulan buku dengan lapis plastik) dikerjakan oleh perpustakaan pusat.












.............................................................................


Untuk melihat dokumen versi lengkap bisa kalian lihat melalui link dibawah ini:
Download
Load disqus comments

0 comments