Sunday 20 October 2019

Tugas 1 Pengantar Sosiologi | Sosiologi sebagai sebuah ilmu


TUGAS 1 ISIP4110 PENGANTAR SOSIOLOGI

Pertanyaan 
1. Setelah mendiskusikan pengenalan dasar mengenai sosiologi, apa yang Anda dapat dipahami mengenai sosiologi sebagai sebuah ilmu? Apa yang menjadi pemicu sosiologi kemudian muncul sebagai sebuah disiplin ilmu, Anda dapat mengutip pandangan dari salah satu tokoh pencetus sosiologi!
2. Meskipun perubahan zaman berlangsung cepat berkat kemajuan sains dan teknologi, namun perspektif-perspektif utama dalam sosiologi yakni interaksionisme simbolik, struktural fungsional, dan konflik masih cukup relevan dalam membaca zaman. Dapatkah Anda menjelaskan dengan tepat perbedaan dari ketiga perspektif tersebut, diikuti dengan tokoh-tokoh yang ada dibaliknya serta contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban
1. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.
Dari pendapat ahli diatas, tidak diragukan lagi bahwa sosiologi merupakan suatu ilmu. Pernyataan tersebut setidaknya didukung oleh beberapa hal yaitu:
a) Memiliki objek kajian
Objek kajian sosiologi adalah fenomena sosial secara umum. Dengan demikian, sosiologi tidak terfokus pada bidang-bidang kajian yang spesial seperti ilmu hukum, ilmu ekonomi, ilmu politik, sejarah, antropologi, dan lain sebagainya.
b) Memiliki metode ilmiah
Secara singkat dapat dikatakan bahwa metode ilmiah merupakan seperangkat langkah-langkah yang disusun secara sistematis guna:
Menggali data yang diperlukan dalam suatu penelitian,
Menganalisis data penelitian,
Menginterpretasikan data penelitian, dan
Mengambil kesimpulan dalam sebuah penelitian ilmiah. Metode sosiologi akan dijelaskan dalam bagian tersendiri.
c) ..........................................................

Untuk bisa melihat file secara lengkap silakan klik link dibawah ini:
Tugas 1 Pengntar Sosiologi


Load disqus comments

0 comments