Sunday 20 October 2019

Tugas 1 Media Teknologi | Pengertian Media Teknologi, Media Grafis, dan Media Pameran


TUGAS 1 PUST4313 MEDIA TEKNOLOGI


Pertanyaan 
1. Jelaskan pengertian mengenai media teknologi!
2. Sebutkan dan jelaskan 6 jenis-jenis media grafis!
3. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis media pameran!
4. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis media cetak!
5. Uraikan 3 fungsi media cetak!

Jawaban
1. Pengertian media adalah segala bentuk alat yang dapat digunakan untuk menyalurkan dan atau penyimpan pesan atau informasi dari pengirim ke penerima. Bentuk atau saluran tersebut dapat berbentuk tercetak, maupun noncetak.
Sedangkan menurut The World Book Encyclopedia (1994) teknologi menunjukkan pada semua cara ; penemuan yang digunakan orang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. ………teknologi, dengan demikian, mencakup penggunaan alat, mesin, bahan, teknik, dan sumber daya yang dapat mempermudah pekerjaan dan membuatnya lebih produktif.
Dari dua pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa media teknogi berkaitan erat dengan penerapan hasil-hasil industri yang berupa alat atau media yang digunakan dalam penyampaian informasi
2. Jenis-jenis media grafis
a) Grafik, merupakan media yang mampu menggambarkan perbedaan dan fluktuasi data dalam aspek jumlah atau kuantitas.
b) Chart, merupakan bentuk media grafis yang digunakan untuk menayangkan informasi tentang tahap-tahap dalam sebuah proses atau prosedur.
c) Diagram, merupakan ragam media grafis yang menggambarkan saling keterkaitan antarkomponen yang ada dalam sebuah kesatuan atau sistem.
d) Gambar, merupakan bentuk media grafis yang digunakan untuk merepresentasikan sebuah objek atau benda dan juga peristiwa.
e) Foto, merupakan produk fotografi yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada khalayak atau audience.
f) Kartun, merupakan format bahan grafis yang paling populer sebagai suatu medium komunikasi.

........................................................................

Untuk bisa melihat file secara lengkap bisa klik link dibawah ini :
Load disqus comments

0 comments