Tuesday 14 May 2019

Tugas 3 Manajemen Perpustakaan | Pengisian Jabatan (Staffing) di Perpustakaan


TUGAS 3 PUST2229 MANAJEMEN PERPUSTAKAAN

Pertanyaan :

1. Sebutkan langkah-langkah dan berikan penjelasan mengenai pengisian jabatan (staffing) di perpustakaan!
2. Sebutkan jenjang jabatan pustakawan secara rinci beserta tingkatan jabatannya!

Jawab : 

1. Rekrutmen
        Rekrutmen dilakukan guna meyediakan calon karyawan yang cukup besar sehingga perpustakaan dapat menyeleksi calon karyawan yang memenuhi syarat sesuai kebutuhan. Perekrutan dibagi menjadi dua yaitu perekrutan secara umum dan perekrutan secara khusus. Perekrutan secara umum dilakukan apabila perpustakaan memerlukan pegawai dengan kemampuan umum seperti juru ketik, administrasi, bahkan pustakawan terampil. Sedangkan perekrutan secara khusus dilakukan apabila perpustakaan memerlukan spesialis seperti kepala perpustakaan, maka perekrutan perlu mendapat perhatian khusus seperti penilaian secara mendalam dalam prestasi kerja, kemampuan akademik dan profesional, dll. Dalam perekrutan tenaga di perpustakaan tedapat bagian penting yang tidak boleh dilupakan yaitu analisis jabatan.

2. Pemilihan/Seleksi dan Penempatan
        Pemilihan/seleksi merupakan aktivitas suatu perpustakaan dengan menggunakan satu atau beberapa metode untuk menguji calon pegawai/pelamar. Metode tersebut berguna untuk menentukan calon-calon yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan perpustakaan. Pada umumnya proses seleksi itu adalah pengisian formulir, tes tertulis atau ujian, wawancara, referensi

a) Pengisian Formulir, dalam seleksi tahap pertama calon pelamar diminta untuk melengkapi formulir lamaran meliputi pendidikan, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman

b) Tes Tertulis atau Ujian, tes tertulis diadakan guna memperoleh data mengenai pelamar, menemukan orang terbaik untuk mengisi lowongan yang tersedia, dan memperoleh kepuasan yang tinggi bagi pelamar. Umumnya tes tertulis meliputi tes intelegensi, tes kecakapan, dan tes kejujuran.

c) Wawancara atau interview, kegiatan ini berguna untuk mengetahui potensi calon pelamar dari penampilannya saat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh pewawancara.

d) Referensi, merupakan tahap terakhir dari proses seleksi. Referensi digunakan untuk memberikan keterangan mengenai diri pelamar, kepribadiannya, prestasi kerjanya dan pengalamannya. Referensi ini bisa dijadikan suatu pertimbangan dalam menilai calon pegawai


Untuk mendapatkan file lengkap kalian bisa download melalui link berikut :
Download





Load disqus comments

0 comments