Friday 10 May 2019

Tugas 2 Manajemen Perpustakaan | Layanan Perpustakaan

TUGAS 2 PUST2229 MANAJEMEN PERPUSTAKAAN

Pertanyaan : 

1. Terdapat beragam jenis layanan di perpustakaan, sebutkan paling tidak 5 jenis layanan yang wajib ada disesuaikan dengan kondisi layanan saat ini yaitu berbasis digital!
2. Sebutkan dan jelaskan keuntungan layanan berbasis komputer!

Jawab : 

1. Beberapa layanan di perpustakaan yang berbasis digital

    A. Layanan Sirkulasi
         Penerapan teknologi informasi dalam layanan sirkulasi contohnya layanan peminjaman dan pengembalian bahan pustaka, statistik pengguna, administrasi keanggotaan, dll. Teknologi yang digunakan ialah RFID (Radio Frequency Identification) yang berguna untuk meningkatkan pengelolaan koleksi dan membuat aktivitas sirkulasi semakin cepat serta akurat. Selain itu teknologi ini juga mempercepat peminjaman, memelihara koleksi pada susunan yang benar serta meningkatkan keamanan perpustakaan seperti mendeteksi barang pustaka yang hilang ataupun mengalami pencurian.

    B. Layanan Referensi
         Penerapan teknologi informasi dalam layanan referensi dapat dilihat dari tersedianya akses untuk menelusuri sumber-sumber referensi elektronik/digital dan bahan pustaka lainnya melalui kamus elektronik, direktori elektronik, peta elektronik, maupun hasil penelitian dalam bentuk digital.

   C. Layanan Penelusuran Informasi
        Layanan ini biasanya diselenggarakan oleh perpustakaan khusus (lembaga penelitian) dan perpustakaan perguruan tinggi. Umumnya mahasiswa menggunakan layanan ini untuk mendapatkan literatur sebagai bahan pendukung penelitiannya. Pengguna layanan ini akan sangat terbantu apabila perpustakaan mampu menyediakan kemudahan akses kedalam jurnal-jurnal elektronik baik itu yang diakses dalam database lokal, global maupun yang tersedia dalam compact disk atau disket.

...........................................................................

Untuk mendapatkan file secara lengkap dapat kalian download melalui link dibawah ini :
Download
Load disqus comments

0 comments